Beranda | Artikel
Ancaman Bagi Orang Yang Kufur dan Membunuh Para Nabi
Sabtu, 21 Agustus 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Ancaman Bagi Orang Yang Kufur dan Membunuh Para Nabi adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 06 Dzulqa’dah 1442 H / 17 Juni 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Ancaman Bagi Orang Yang Kufur dan Membunuh Para Nabi

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَيَقْتُلُونَ الَّذِينَ يَأْمُرُونَ بِالْقِسْطِ مِنَ النَّاسِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar, dan membunuh orang-orang yang memerintahkan perbuatan adil dari kalangan manusia, maka berilah kabar kepada mereka dengan adzab yang pedih.” (QS. Ali-Imran[3]: 21)

Arti ayat adalah tanda. Dan ayat-ayat Allah ada dua; ayat kauniyah dan syar’iyah. Ayat kauniyah adalah yang kita saksikan dan lihat, dimana manusia tidak sanggung mencipta yang semisalnya. Ini menunjukkan bahwa Allah Maha Pencipta, tidak ada sekutu bagiNya dan tidak ada yang mirip denganNya.

Adapun ayat-ayat syar’iyah, ini juga tidak mungkin bagi manusia untuk mendatangkan yang semisalnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُل لَّئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَن يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

Katakanlah: ‘Seandainya seluruh manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang semisal dengan Al-Quran, niscaya mereka tidak akan sanggup membuatnya, walaupun sebagian mereka dan yang lainnya saling tolong menolong untuk membuatnya’.” (QS. Al-Isra`[17]: 88)

Ini menunjukkan bahwa yang menurunkan ayat-ayat ini adalah Ilah yang satu, dan Ia memiliki hikmah yang sangat sempurna.

Kafir terhadap ayat-ayat Allah

Maksud kufur terhadap ayat-ayat Allah adalah:

Pertama, kufur terhadap ayat-ayat kauniyah. Yaitu mengingkari bahwa Allah menciptakan alam semesta dan mengklaim bahwa yang menciptakan ini bukan Allah, atau mengklaim bahwa ada sekut dalam penciptaan, atau mengklaim bahwa Allah dibantu di dalam menciptakan alam semesta.

Kedua, kufur terhadap ayat-ayat syar’iyah. Yaitu bisa jadi karena pengingkaran dan pendustaan atau kesombongan dan pembangkangan. Diantara bentuk pendustaan dan kesombongan adalah tahrif (merubah) nash, tanpa ragu.

Membunuh para nabi tanpa hak

“Para Nabi” di sini mencakup para rasul dan para nabi (yang tidak menjadi rasul). Sifat (membunuh para nabi) ini banyak pada orang-orang Yahudi. Mereka sangat membangkang terhadap para rasul.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50560-ancaman-bagi-orang-yang-kufur-dan-membunuh-para-nabi/